Mesin Crasher Untuk Daur Ulang Plastik

Pondokgede-20130125-00560Botol pet, aqua gelas, karung bekas, plastik, bahan bekuan, dan plastik tutup aqua gelas dapat didaur ulang kembali dengan cara menghancurkan/memotong-motongnya kembali. Mesin crusher adalah salah satu dari Mesin Daur Ulang Plastik yang digunakan Untuk menghancurkan bahan baku tersebut. Mesin crasher akan menghancurkan bahan baku dengan jumlah dan ukuran besaran hasil cacahan yang di inginkan konsumen.

Komponen dari mesin crusher yang utama adalah:

a.  Pisau potong

Pisau potong terdiri dari 9 buah mata pisau putar dan 4 buah mata pisau duduk. Mata pisau ini sangat tajam dan kuat, karena dalam pemilihan bahan untuk mata pisau ini menggunakan bahan besi yang terbaik dan polesan baja pada mata pisaunya.

b.  Saringan

Saringan untuk mesin daur ulang plastik memiliki ukuran yang berbeda-beda  antara 10-20 mm disesuaikan berdasarkan jenis plastik yang digiling dan pasar tempat penjualan hasil gilingan.

c.  Bandul (Roda Gila)

Bandul ini berguna untuk penyeimbangan putaran mesin sehingga putaran mesin crusher berjalan normal (tidak seimbang) dan memberikan kekuatan untuk memotong bahan baku.

d.  Pompa sirkulasi air

Pompa ini berguna untuk mengaliri air kedalam mesin pemotong (crusher) dengan siklus air bolak balik seperti sitem filter air di aquarium, guna air ini untuk mendorong bahan baku ke dalam mesin potong sehingga proses pencacahan berjalan lebih cepat, air berguna juga untuk mendinginkan mata pisau yang panas akibat gesekan bahan baku yang terjadi dalam ruangan mesin crusher, dan mencuci bahan bahan baku untuk menghilangkan kotoran yang terbawa dari lapak-lapak tempat pengambilan bahan baku.

Mesin crusher yang kami produksi memiliki beberpa ukuran yang disesuaikan dengan kapasitas ketersediaan bahan baku :

Machine Spesifications
Crusher 28”
  1. Box Size: (70 x 45cm)
  2. thickness : 30 mm (S45C)
  3. Hopper Plat : 2 mm
  4. As : ST 60 (diameter 80mm)
  5. Bearing : FBJ
  6. Blade Type : Pentium 600
  7. Static Blade (4 @ 35cm)
  8. Rotary Blade (9 @ 23.33cm)
  9. Capacity input min 450kg/hour(for PET)
  10. Mess filter 20 mm

 

Crusher 24”
  1. Box Size: (60 x 45cm)
  2. thickness : 20 mm (S45C)
  3. Hopper Plat : 2 mm
  4. As : ST 60 (diameter 75mm)
  5. Bearing : FBJ
  6. Blade Type : Pentium 600
  7. Static Blade (4 @ 30cm)
  8. Rotary Blade (9 @ 20cm)
  9. Capacity input min 300kg/hour(for PET)
  10. Mess filter 20 mm

 

Crusher 20”
  1. Box Size: (50 x 45cm)
  2. thickness : 20 mm (S45C)
  3. Hopper Plat : 2 mm
  4. As : ST 60 (diameter 75mm)
  5. Bearing : FBJ
  6. Blade Type : Pentium 600
  7. Static Blade (4 @ 25cm)
  8. Rotary Blade (9 @ 16.67cm)
  9. Capacity input min 200kg/hour(for PET)
  10. Mess filter 20 mm

 

Sumber energy penggerak mesin crusher dapat menggunakan diesel atau dianamo (PLN), dalam penggunaan mesin penggerak ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya antara lain :

1.  Diesel

Kelebihannya : dalam penggunaanya dapat di sesuaikan dengan pekerjaan, dan dalam penggunaanya lebih hemat dalam biaya produksi karena menggunakan bahan bakar bensin atau solar.

Kekurangannya: menimbulkan polusi suara yang sangat kencang sehingga dapat menggangu lingkungan sekitar (warga) tempat kegiatan penggilingan plastik, asap yang ditimbulkan dari diesel juga dapat menimbulkan polusi udara bagi pekerja.

2.  Dinamo

Kelebihan : tidak menimbulkan polusi suara dan udara sehingga tidak menggangu warga di lingkungan tempat penggilingan plastik.

Kekurangannya : untuk biaya produksi agak tinggi karena beban biaya listrik bulanan tetap di bayarkan walaupun ada beberapa hari kegiatan produksi tidak dilakukan.

Hasil  dari Mesin Daur Ulangan plastik ini berupa potongan-potongan plastik yang beraturan berdasarkan saringan yang digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi :

www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com

Leave a comment