Mesin Pemotong Cincin AG (Aqua Gelas)

Mesin Pemotong Cincin AG (Aqua Gelas)

Default Co. LtdDalam penggilingan AG (Aqua Gelas), masalah pemisahan tutup plastik dan gelang yang ada di bagian tutupnya merupakan kendala yang dihadapi pengusaha daur ulang plastic.  Kondisi ini tidak hanya mengakibatkan tercampurnya hasil gilingan bahkan juga mengakibatkan penurunan harga jual hasil gilingan yang jatuh sampai Rp 300/Kg. banyak pengusaha Daur Ulang Plastik yang hanya menerima saja kondisi demikian bahkan juga ada yang berontak,dan mereka mencari alat yang dapat membantu mengoptimalkan kerja mereka, tetapi tidak sedikit yang kecewa setelah membeli dengan hasil yang diberikan bahkan jauh dari yang di janjikan.

 Kami dengan Alat Pemotong Cincin AG (Aqua Gelas) yang kami produksi kami dapat memngoptimalkan pemisahan tutup AG dengan badannya. Dengan sumber energy yang berasal dari PLN dan di gerakkan oleh dynamo 1 Phase serta didorong dengan kemampuan mata pisau yang kuat, tajam, dan tahan panas. Mesin pemotong cincin ini telah mampu menjawab permasalahan dari para pengusaha daur ulang plastic, khususnya AG (Aqua Gelas). Sehingga hasil dari gilingan tersebut memberikan dampak yang sangat positif dalam hasil gilingan AG yang berwarna seragam, tidak tercampur bahan/warna lain dan memberikan hasil yang nyata dalam penjualan gilingan AG.

Video Mesin pemotong cincin AG Plastik :

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi :

www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com

Mesin Daur Ulang Plastik 1 Line

Banyaknya jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk proses Daur Ulang Plastik, mulai dari penyortiran bahan baku, angkut bahan baku ke mesin Crusher, proses pemasukan bahan baku ke dalam mesin crusher, operator mesin crusher, memindahkan bahan hasil gilangan kedalam bak pencucian dengan 2 buah bak  pencucian, tenaga kerja pengeringan (angkut bahan gilangan basah untuk di jemur), dan proses pengepakan bahan hasil gilingan yang kering. Ternyata membuat biaya produksi daur ulang plastik lebih tinggi.Kami melihat peluang untuk mengefisiensi tenaga kerja dalam meningkatkan pendapatan dari usaha penggilingan plastik.

Dengan perhitungan nilai ekonomi dan tenaga kerja, kami merancang mesin daur ulang plastik yang bekerja secara otomatis mulai dari pemasukan bahan baku, penggilingan bahan baku, pemindahan bahan hasil gilingan, sampai ke pengeringan hingga memperoleh hasil bahan baku siap jual.mesin ini dirancang untuk menggunakan listrik (PLN) sebagai sumber energinya.

Adapun mesin-mesin yang saling berhubungan satu sama lain dan bergerak secara beraturan untuk proses daur ulang plastik 1 line ini antara lain :

1. Belt Convayor

IMG01374-20130130-1447Belt ConvayorBelt Convayor berfungsi sebagai rel yang membawa bahan baku yang siap di giling ke dalam mesin crusher. Pada sisi kiri dan kanan belt conveyor ini ada beberapa orang yang memonitor bahan baku untuk mengontrol jika masih ada tercampur bahan baku yang akan digiling dengan bahan lain untuk lebih menjamin mendapatkan hasil gilingan terbaik.

2. Mesin Crusher

crusher

Mesin crusher adalah mesin utama yang memotong bahan baku sehingga menghasilkan cacahan yang beraturan sesuai dengan saringan yang terpasang pada mesin crusher dan permintaan pasar. mesin crusher ini di gerakan oleh mesin diesel  yang berbahan bakar besnsi atau solar dan Dinamo (PLN).

3. IMG01344-20130124-1202Bak Pencucian I

Dengan mengatur posisi ketinggian antara crusher dengan bak pencucian, maka hasil gilingan yang telah di potong akan masuk ke bak pencucian dengan gaya gravitasi sebagai bak pencucian I.

4.  ScrewPondokgede-20130125-00563

Dengan bantuan Screw, hasil gilingan dari bak pencucian pertama di angkut/dipindahkan ke bak pencucian II. Dengan ratio putar yang telah di atur, maka secara otomatis screw ini akan memindahkan bahan baku, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja lagi dalam proses pemindahan bahan baku.

5. Bak Pencucian II

IMG01344-20130124-1351

Bak pencucian II ini berguna untuk membersihkan/pencucian ke dua kali bahan baku agar bahan baku hasil gilingan yang di peroleh benar-benar dalam kondisi bersih. pada bak ini kegiatanya hanya membersihkan cacahan plastik dari sisa-sisa sabun yang masih melekat pada proses selumnya. hasil cacahan pada bak pencucian II ini telah bersih dengan warna hasil gilingan sudah bening dan siap untuk di keringkan.

6.  Sentris (Sentrifugal Dryer)

IMG01346-20130124-1351

Mesin sentries inilah yang berperan dalam proses pengeringan yang mampu mengurangi kadar air hingga 98 %.

Posisi mesin ini yang di atur secara berurutan dan saling berhubungan dengan kecepatan laju pergerakan bahan baku mulai dari belt conveyor hingga sentries yang sudah di kondisikan dengan ratio gerak yang terukur, maka proses daur ulang plastik dapat menekan jumlah tenaga kerja sekaligus tentunya akan menambah pendapatan dalam usaha daur ulang plastik. Penggunaan mesin daur ulang plastic otomatis 1 line ini telah di terapkan di daerah Cimahi, Bandung Jawa Barat.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi :

www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com

Mesin Sentris SG-03

IMG01346-20130124-1351

Mesin sentris merupakan mesin yang sangat diperlukan dalam usaha Daur Ulang Plastik. Fungsinya untuk mempercepat proses pengeringan dan menjadikan bahan baku hasil gilingan siap di jual, inilah yang menyebabkan mesin sentries ini sebagai salah satu mesin yang menjadi pertimbangan utama yang harus dimiliki utuk memulai usaha daur ulang plastik.

Banyak pengusaha Daur Ulang Plastik kewalahan karena mereka mencoba berhadapan dengan alam yang tidak menentu dan tidak bisa di prediksi. Sehingga dalam proses pengeringan secara alamai yang mengandalkan cahaya matahari mengakibatkan lambatnya proses pengeringan, dengan kondisi tersebut akhirnya mengakibatkan terlambatnya proses penjualan hasil gilangan, sehingga perputaran modal usaha lambat dan situasi ini seolah-olah seperti bom waktu yang bisa menyebabkan kegagalan dalam usaha daur ulang plastik. Selain factor cuaca, kebutuhan tenaga kerja dalam proses pengeringan tersebut juga perlu diperhitungkan, karena akan memanbah biaya produksi penggilingan plastik.

Berdasarkan kondisi tersebut,team kami selalu berusaha untuk mengembangkan kualitas dan kapasitas produksi kering bahan plastik hasil gilingan sehingga mempercepat perputaran modal dan akan berdampak pada penghasilan pengusaha daur ulang plastik.

Mesin sentries generasi baru ini, kami beri nama SG-03. Dengan struktur kipas dan standar keamanan yang lebih disempurnakan, dan telah kami uji di workshop, telah membuktikan kemampuan dalam mengeringkan hasil gilingan basah palstik gilingan hingga kadar air 98 %. Dengan kemampuan tersebut sekarang sudah di gunakan dibererapa daerah di Indonesia.

Video Mesin Sentris SG-03 :

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi :

www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com

Mesin Gilingan Karung kapasitas input 800 kg basah per jam

_MG_3037Plastik jenis karung merupakan jenis plastik yang paling sulit untuk digiling karena bahan karung lebih alot dan tipis. Tidak semua jenis crusher dapat menggiling jenis plastik ini, seandainya bisa pun kapasitasnya akan turun drastis dari plastik lainnya.

Struktur bagian luar mesin giling karung, sama dengan struktur bagian luar pet akan tetapi perbedaan yang mendasar dari mesin giling karung ini adalah :

1. Mata pisau

Struktur bertingkat pada mata pisau gilingan karung memiliki mata pisau yang lebih banyak yaitu 12 mata pisau. Karena sifat plastic karung yang sangat alot, jadi membutuhkan mata pisau yang tajam dan jumlah mata pisau yang banyak sehingga ruang gerak plastic karung saat digiling menjadi sempit/sedikit, yang memungkinkan kinerja mata pisau menjadi lebih berat dan tingkat pemotongan semakin cepat.

2. Saringan

Saringan pada umumnya berbentuk bulat berdiameter 12 – 20 mm pada mesin gilingan plastic pet tidak efektif digunakan pada mesin giling karung plastic. Karena hasil cacahan yang halus dan cepat, menyebabkan bila kita menggunakan saringan bulat berdiameter 12-20 mm akan terjadi penumpukan hasil gilingan pada saringan tersebut dan besar kemungkinan gilingan akan sangat halus, selain itu kerja mesin diesel semakin berat akiabat membutuhkan kekuatan untuk mengggiling lebih besar.

Oleh sebab itu khusus mesin gilingan karung kami merancang model saringan baru yang khusus digunakan untuk mesin gilingan karung. Struktur lubang saringan berupa persegi panjang dengan panjang x lebar 5 x 12 cm dengan susunan tidak sejajar (bertingkat). Setelah kami lakukan penggilingan bahan karung sebanyak 450 Kg  basah kami hanya membutuhkan waktu 30 menit, dengan hasil gilingan yang sempurna.

3. Sirkulasi air

Sirkulasi air yang baik sangat di butuhkan dalam menggiling karung ini, karena dari jenis bahan baku yang berupa plastic dan alot yang mengakibatkan sulit untuk mengeluarkannya dari mesin gilingan. Untuk itu kami merancang model baru sirkulasi air dengan 5 titik sumber masuk air dari pompa air. 4 titik terdapat di bagian atas (tempat masuknya bahan baku) yang berguna untuk mendorong bahan baku agar cepat masuk menuju mata pisau serta menehan keluarnya bahan baku yang terpental akibat penggilingan.

1 titik masuknya air terdapat di bagian mata pisau yang berguna untuk mengikis sisa gilingan yang melekat pada mat pisau dan sebagai pendingin mata pisau agar mata pisau tidak mudah tumpul akibat gesekan dengan bahan baku.

Rencangan Mesin Daur Ulang Plastik pada giling bahan baku karung ini telah diuji dengan pengujian di workshop kami dan mampu menghasilkan 450 kg bahan baku karung basah dalam waktu 30 menit. Bagi yang berminat untuk pemesanan sadah bisa di pesan melalui contact us pada website ini.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi : www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com

Tes Mesin Crusher Kapasitas 450kg/jam

Uji Coba Mesin terbaru kami untuk mengejar kapasitas 500 kg/jam. Uji coba menggunakan penggerak diesel 24 PK (tidak disarankan), debit air menggunakan pompa sentifugal NS 50.

Mesin Pencacah Plastik Kapasitas 450kg/jam
– mesin pisau 70 cm
– penggerak mesin diesel 24 pk
– saringan 20 mm

Bahan baku: PET Warna
Kuantiti : 145 kg
Durasi produksi : 18 menit

Kecepatan pemotongan dapat dioptimalkan dengan penambahan belt conveyor untuk menjaga keteraturan kecepatan bahan baku. Disarankan untuk menggunakan penggerak dinamo 25 HP atau mesin mobil colt diesel.

Mesin Pemindah Otomatis/Scrue Conveyor

IMG_20130108_135854Dalam tahapan Proses Daur Ulang Plastik, banyak melibatkan tenaga kerja mulai dari pemilahan warna pet/botol plastik, pembersihan dari kotoran dan tutup botol, sampai proses penggilingan plastik.

Khusus pada proses penggilingan plastik, kami melihat peluang efisiensi biaya produksi. Efisiensi biaya produksi ini kami lihat terdapat pada proses pemindahan bahan baku yang telah digiling menggunakan mesin crusher (mesin pencacah plastik) yang biasanya membutuhkan tenaga manusia sebanyak 2-4 orang dengan menggantikan pekerjaan mereka menggunakan Mesin Pemindah Otomatis (Scrue Conveyor).

Produksi gilingan mesin crusher yang besar (>200 kg/jam), membutuhkan tenaga yang besar pula untuk proses pemindahan hasil gilingan dari bak pencucian. Jika tenaga pemindahan hasil gilingan dikerjakan oleh manusia maka besar kemungkinan akan membutuhkan banyak tenaga kerja, apabila tenaga kerja jumlahnya sedikit, maka proses ini akan terhamabat dan mengakibatkan penumpukan bahan gilingan di bak pencucian, sehingga proses berikutnya menjadi lambat dan imbasnya pada jumlah produksi hasil gilingan perhari, akibatnya produksi gilingan bulanan tidak maksimal, berujung pada pendapatan juga tidak maksimal.

 Melihat dari kondisi inilah kami meminimalkan rupiah yang hilang dari proses pemindahan hasil gilingan dari bak pencucian ketahapan berikutnya dengan menggantikan tenaga manuasia oleh Mesin Pemindah Otomatis/Scrue Conveyor.

 Mesin Pemindah Otomatis/Scrue Conveyor bisa digerakan oleh tenaga diesel atau tenaga listrik. Dengan bantuan dynamo yang telah disesuaikan dengan putaran dan hasil gilingan yang akan di pindahkan, mesin pemindah otomatis ini mampu memindahkan bahan hasil gilingan crusher secara teratur dan berkesinambungan sehingga tidak ada penumpukan bahan baku yang terdapat pada bak pencucian. Kondisi inilah yang sangat ideal dalam proses penggilingan plastik sehingga benar-benar mampu memberikan kontribusi maksimal pada pendapatan dalam usaha penggilingan plastik.

Video Mesin Pemindah Otomatis/Scrue Conveyor :

 Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi :

www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com

Mesin Sentris Pengering Plastik (Sentrifugal Dryer)

_MG_3038

Sebelum membahas Mesin Pengering Sentris, Pada Proses Daur Ulang Plastik, umumnya pencacahan dilakukan dengan penggilingan basah dimana air di sirkulasikan kedalam crusher untuk membantu proses pencucian. Setelah tahapan ini bahan baku tersebut yang dalam kondisi basah harus dikeringkan terlebih dahulu agar bias di jual. Proses pengeringan ini dilakukan dengan 2 cara :

1. Secara alami (menggunakan cahaya matahari)

apabila proses pengeringan dilakukan secara alami maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama, biasanya untuk 100 kg hasil gilingan membutuhkan lahan sekitar 100 meter persegi dengan penjemuran terik matahari selama 8 jam. Bisa ada bayakan waktu, lahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk penjemuran hingga kering 100%. Sedangkan dalam usaha daur ulang plastik, waktu penjemuran harus di perhitungkan, karena dengan waktu yang lama maka perputaran produksi untuk dijual semakin lama, dan setiap pertambahan waktu maka akan ada penambahan biaya tenaga kerja, kadang kala bila cuaca tidak mendukung 1 ton bahan baku bisa hingga 1 minggu dalam mengeringkannya. Faktor ini dapat menambah biaya produksi. Cuaca yang tidak biasa diprediksi dapat menjadi faktor penghambat dalam proses pengeringan pada daur ulang plastik.

2. Secara modern (menggunakan sentris )

Mesin Sentris merupakan alat pengering yang berbentuk silinder dengan panjang dan diameter tertentu dimana dinding silinder berbahan plat galvanis yang berpori. Pada bagian dalamnya terdapat belasan sirip besi dengan susunan dan bentuk tertentu untuk memaksimalkan pukulan dan dorongan sehingga dapat meminimalkan kadar air yang melekat pada bahan hasil gilingan. Hasil gilingan yang telah menggunakan mesin sentris ini masih tetap memerlukan penjemuran. Rata-rata tingkat kekeringannya mencapai 80% untuk jenis plastik PET. Biasanya hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk penjemuran dengan kondisi matahari terik.

Dari gambaran 2 poin di atas, dalam proses pengeringan bahan baku, lebih menguntungkan bila kita menggunakan mesin sentris. Pada saat ini kami telah memperbaharui desain mesin sentris yaitu sentris generasi 3, yang mana kadar air yang diperoleh dapat mencapati 98% kering, sehingga utuk sampai kondisi hasil cacahan benar-benar kering  atau siap jual, kita hanya perlu membiarkan bahan baku pada ruang terbuka dalam  beberapa    jam   tanpa perlu penjemuran dengan matahari. Dan hasilnya bahan baku siap jual hanya dalam satu hari.

Video Mesin Sentris (Sentrifugal Dryer)

Untuk unformasi lebih lanjut silahkan kunjungi : www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com

Mesin Crasher Untuk Daur Ulang Plastik

Pondokgede-20130125-00560Botol pet, aqua gelas, karung bekas, plastik, bahan bekuan, dan plastik tutup aqua gelas dapat didaur ulang kembali dengan cara menghancurkan/memotong-motongnya kembali. Mesin crusher adalah salah satu dari Mesin Daur Ulang Plastik yang digunakan Untuk menghancurkan bahan baku tersebut. Mesin crasher akan menghancurkan bahan baku dengan jumlah dan ukuran besaran hasil cacahan yang di inginkan konsumen.

Komponen dari mesin crusher yang utama adalah:

a.  Pisau potong

Pisau potong terdiri dari 9 buah mata pisau putar dan 4 buah mata pisau duduk. Mata pisau ini sangat tajam dan kuat, karena dalam pemilihan bahan untuk mata pisau ini menggunakan bahan besi yang terbaik dan polesan baja pada mata pisaunya.

b.  Saringan

Saringan untuk mesin daur ulang plastik memiliki ukuran yang berbeda-beda  antara 10-20 mm disesuaikan berdasarkan jenis plastik yang digiling dan pasar tempat penjualan hasil gilingan.

c.  Bandul (Roda Gila)

Bandul ini berguna untuk penyeimbangan putaran mesin sehingga putaran mesin crusher berjalan normal (tidak seimbang) dan memberikan kekuatan untuk memotong bahan baku.

d.  Pompa sirkulasi air

Pompa ini berguna untuk mengaliri air kedalam mesin pemotong (crusher) dengan siklus air bolak balik seperti sitem filter air di aquarium, guna air ini untuk mendorong bahan baku ke dalam mesin potong sehingga proses pencacahan berjalan lebih cepat, air berguna juga untuk mendinginkan mata pisau yang panas akibat gesekan bahan baku yang terjadi dalam ruangan mesin crusher, dan mencuci bahan bahan baku untuk menghilangkan kotoran yang terbawa dari lapak-lapak tempat pengambilan bahan baku.

Mesin crusher yang kami produksi memiliki beberpa ukuran yang disesuaikan dengan kapasitas ketersediaan bahan baku :

Machine Spesifications
Crusher 28”
  1. Box Size: (70 x 45cm)
  2. thickness : 30 mm (S45C)
  3. Hopper Plat : 2 mm
  4. As : ST 60 (diameter 80mm)
  5. Bearing : FBJ
  6. Blade Type : Pentium 600
  7. Static Blade (4 @ 35cm)
  8. Rotary Blade (9 @ 23.33cm)
  9. Capacity input min 450kg/hour(for PET)
  10. Mess filter 20 mm

 

Crusher 24”
  1. Box Size: (60 x 45cm)
  2. thickness : 20 mm (S45C)
  3. Hopper Plat : 2 mm
  4. As : ST 60 (diameter 75mm)
  5. Bearing : FBJ
  6. Blade Type : Pentium 600
  7. Static Blade (4 @ 30cm)
  8. Rotary Blade (9 @ 20cm)
  9. Capacity input min 300kg/hour(for PET)
  10. Mess filter 20 mm

 

Crusher 20”
  1. Box Size: (50 x 45cm)
  2. thickness : 20 mm (S45C)
  3. Hopper Plat : 2 mm
  4. As : ST 60 (diameter 75mm)
  5. Bearing : FBJ
  6. Blade Type : Pentium 600
  7. Static Blade (4 @ 25cm)
  8. Rotary Blade (9 @ 16.67cm)
  9. Capacity input min 200kg/hour(for PET)
  10. Mess filter 20 mm

 

Sumber energy penggerak mesin crusher dapat menggunakan diesel atau dianamo (PLN), dalam penggunaan mesin penggerak ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya antara lain :

1.  Diesel

Kelebihannya : dalam penggunaanya dapat di sesuaikan dengan pekerjaan, dan dalam penggunaanya lebih hemat dalam biaya produksi karena menggunakan bahan bakar bensin atau solar.

Kekurangannya: menimbulkan polusi suara yang sangat kencang sehingga dapat menggangu lingkungan sekitar (warga) tempat kegiatan penggilingan plastik, asap yang ditimbulkan dari diesel juga dapat menimbulkan polusi udara bagi pekerja.

2.  Dinamo

Kelebihan : tidak menimbulkan polusi suara dan udara sehingga tidak menggangu warga di lingkungan tempat penggilingan plastik.

Kekurangannya : untuk biaya produksi agak tinggi karena beban biaya listrik bulanan tetap di bayarkan walaupun ada beberapa hari kegiatan produksi tidak dilakukan.

Hasil  dari Mesin Daur Ulangan plastik ini berupa potongan-potongan plastik yang beraturan berdasarkan saringan yang digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi :

www.MesinDaurUlangPlastik.wordpress.com